Media Efektif untuk Pendidikan Kesehatan Organ Genital bagi Siswi Sekolah Menengah Pertama

Suwarno (1) , Zahroh Shaluhiyah (2) , Priyadi Nugraha Prabamurti (3)
(1) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro , Indonesia
(2) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro , Indonesia
(3) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro , Indonesia

Abstract

Latar Belakang: Remaja perempuan menjadi perhatian karena jumlah mereka yang besar dan lebih rentan terhadap risiko gangguan kesehatan reproduksi. Leaflet dan flipchart adalah media yang bisa dipakai sebagai media pendidikan kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang penggunaan toilet dan kesehatan organ genital. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan penggunaan toilet dan kesehatan organ genital dengan media Leaflet dan flipchart terhadap pengetahuan dan sikap. Metode: Metode penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 105 siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama di Grobogan yang dibagi secara purposif ke dalam tiga kelompok.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pengetahuan kelompok leaflet meningkat 7,86 dan kelompok flipchart meningkat 4,57. Rata-rata skor sikap kelompok leaflet meningkat 7,00 dan kelompok flipchart meningkat 3,85. Secara statistik, leaflet (p=0,000) dan flipchart (p=0,022) efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang pendidikan penggunaan toilet dan kesehatan organ genital antara sebelum dan setelah intervensi.
Kesimpulan: Institusi kesehatan dan pendidikan hendaknya aktif mensosialisasikan dan mengembangkan media leaflet dan flipchart sebagai upaya pelaksanaan program Komunikasi Informasi edukasi terkait kesehatan reproduksi di sekolah.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Suwarno
Zahroh Shaluhiyah
Priyadi Nugraha Prabamurti
1.
Suwarno, Shaluhiyah Z, Nugraha Prabamurti P. Media Efektif untuk Pendidikan Kesehatan Organ Genital bagi Siswi Sekolah Menengah Pertama. JIKM [Internet]. 2017 Nov. 1 [cited 2024 Apr. 19];8(3):192-9. Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/238

Article Details