Analisis Risiko Karakteristik, Sosial Ekonomi, Perilaku dan Faktor Lingkungan terhadap Malaria di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat

Susy Sriwahyuni Sukiswo (1) , Rinidar (2) , Sugito (3)
(1) Dinas Kesehatan Aceh Barat , Indonesia
(2) Program Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner Universitas Syiah Kuala , Indonesia
(3) Program Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner Universitas Syiah Kuala , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Malaria merupakan penyakit menular yang menjadi perhatian global, Kecamatan Arongan Lambalek merupakan daerah rawan malaria di Kabupaten Aceh Barat dengan kategori Medium Incidence Area dengan nilai API 3,67 per 1000 penduduk masih diatas target API Nasional pada fase eliminasi API kurang dari 1 per 1000 penduduk tahun 2013. Penelitian ini bertujuan menganalisa karakteristik, social ekonomi, perilaku dan faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap kejadian malaria di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat.
Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan case control, metode penarikan sampel yaitu purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri 33 kasus dan 33 kontrol, kelompok kasus adalah orang yang dinyatakan positif malaria sedangkan kelompok kontrol orang yang dinyatakan negatif berdasarkan tes laboratoris/ RDT (rapid diagnostic test).
Hasil Penelitian : Dari hasil analisis bivariat diketahui ada lima variabel yang berpengaruh terhadap kejadian malaria yaitu pekerjaan (p=0,000, OR = 0,05), pengetahuan (p =0,000, OR = 17,5), Sikap (p =0,001, OR = 7,43), tindakan (p = 0,000, OR = 9,8) dan lingkungan (p=0,000, OR = 9,0). Hasil analisis multivariat factor risiko yang paling dominan terhadap kejadian malaria adalah pengetahuan (p = 0,006, OR=12,783, CI 95% =2,045–79,893).
Kesimpulan : Disarankan perlu adanya penyuluhan yang intensif mengenai malaria untuk lebih menambah pengetahuan dan informasi masyarakat.
Kata Kunci : Malaria, Sosial Ekonomi, Perilaku, Lingkungan.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Susy Sriwahyuni Sukiswo
Rinidar
Sugito
1.
Sukiswo SS, Rinidar, Sugito. Analisis Risiko Karakteristik, Sosial Ekonomi, Perilaku dan Faktor Lingkungan terhadap Malaria di Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. JIKM [Internet]. 2014 Nov. 1 [cited 2024 Mar. 28];5(3). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/167

Article Details