Pengaruh Pendidikan Gizi tentang Sarapan pada Siswa SD/MI Terpilih di Kota Depok, Jawa Barat

Nur Intania Sofianita (1) , Ratu Ayu Dewi Sartika (2)
(1) Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia , Indonesia
(2) Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia , Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Sarapan adalah kegiatan makan pada pagi hari yang dilakukan seseorang sebelum melakukan aktifitas harian sebelum pukul 9.00 pagi. Manfaat sarapan bagi siswa yaitu meningkatkan kadar gula darah untuk kerja otak dan menambah konsentrasi belajar.
Metode : Penelitian ini menggunakan disain studi kuasi eksperimental (pre-post intervention). Kegiatan intervensi dilakukan dalam bentuk belajar sambil bermain menggunakan media (poster, leaflet, kartu bergambar dan kwartet) dan metode (diskusi kelompok, bermain dan lomba cerdas cermat), yang dilaksanakan tiap minggu selama satu bulan.
Hasil Penelitian : Setelah dilakukan pendidikan gizi tentang sarapan pagi pada siswa SD/MI terjadi peningkatan skor pengetahuan gizi siswa sebesar 1,50±1,27 (p<0,05) dan skor sikap sebesar 1,00±0,63 (p<0,05). Peningkatan skor pengetahuan dan sikap tertinggi terjadi pada siswa SD Negeri dibandingkan dengan siswa MI/Madrasah Ibtidaiyah (p<0,05).
Kesimpulan : Perlu adanya kerja sama antara dinas pendidikan dasar dengan pihak sekolah dasar (SD) dan dinas pendidikan agama dengan pihak madrasah ibtidaiyah (MI) untuk menambahkan pendidikan gizi pada kurikulum siswa SD/MI serta mengembangkan media KIE gizi (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) yang lebih menarik, bervariasi dan tidak membosankan dalam kegiatan promosi gizi tentang makanan seimbang khususnya manfaat sarapan pagi bagi siswa.
Kata Kunci : Sarapan, Pengetahuan, Sikap, Pendidikan Gizi, Siswa

Full text article

Generated from XML file

Authors

Nur Intania Sofianita
Ratu Ayu Dewi Sartika
1.
Sofianita NI, Sartika RAD. Pengaruh Pendidikan Gizi tentang Sarapan pada Siswa SD/MI Terpilih di Kota Depok, Jawa Barat. JIKM [Internet]. 2014 Jul. 1 [cited 2024 Apr. 24];5(2). Available from: https://ejournal.fkm.unsri.ac.id/index.php/jikm/article/view/140

Article Details